Tahu nggak sih? Salah satu dari kesalahan yang paling fatal dan sering dilakukan oleh pengusaha adalah terkait pengelolaan keuangan bisnis yang dimiliki. Kesalahan yang satu ini nggak hanya bisa mengakibatkan kerugian pada bisnis kamu lho, tapi juga bisa menyebabkan kebangkrutan dan runtuhnya usaha. Nggak mau ‘kan usaha sampingan kamu hancur karena adanya kesalahan dalam mengelola keuangannya? Nah, makanya berikut Kioson akan berikan kamu bocoran 4 kesalahan yang sering terjadi saat mengatur keuangan bisnis sampingan. Yuk disimak bersama!

 

  1. Modal awal terlalu besar

 

 

Membuka usaha dengan modal yang terlalu besar ternyata nggak baik lho buat pertumbuhan bisnis kamu. Dikarenakan modal uang yang ada sudah dihabiskan di awal, maka kamu nggak lagi memiliki dana untuk membiaya kebutuhan operasional bisnismu selanjutnya. Sebaiknya, kamu memulai bisnis dengan modal yang kecil terlebih dahulu dan pelan-pelan membangunnya dari bawah. Dengan begini kamu jadi bisa mengontrol pertumbuhan usahamu dengan lebih mudah.

 

  1. Menggabungkan rekening pribadi dan rekening bisnis

 

 

Menggabungkan rekening pribadi dengan rekening bisnis sangat nggak disarankan dalam pengelolaan keuangan usaha. Kamu akan kesulitan membedakan pengeluaran dan pemasukan untuk masing-masing kebutuhan. Belum lagi resiko dana usaha yang malah digunakan untuk kebutuhan pribadi. Hal ini tentunya dapat menghambat operasional bisnis kamu dan mempengaruhi profit usaha yang sesungguhnya.

 

  1. Membiayai kebutuhan bisnis dengan uang pribadi

 

 

Terkait dengan poin sebelumnya, mengeluarka uang pribadi merupakan sebuah langkah yang sangat nggak disarankan. Kamu akan kesulitan dalam membuat laporan keuangan bisnis milikmu dan kamu akan terbiasa membiayai kebutuhan bisnis dengan uang pribadi. Jadi, pastikan jika segala hal yang berhubungan dengan operasional bisni milikmu harus dijalankan dengan menggunakan uang perusahaan saja ya!

 

  1. Tidak menyiapkan anggaran untuk masa mendatang

 

 

Pada awal sebuah bisnis berdiri, biasanya pemilik lebih fokus kepada cara untuk memutar seluruh keuntungan yang mereka dapat untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Padahal, tindakan ini bisa membahayakan kelangsungan bisnis itu sendiri lho, karena pemilik jadi nggak memiliki anggaran untuk keperluan usaha di masa mendatang. Maka dari itu, akan lebih baik bila kamu menyisihkan pendapatan bisnis kamu untuk ditabung sebagai dana darurat jika di masa depan nanti terjadi sesuatu terhadap usahamu.

Itu dia tadi 4 kesalahan yang sering terjadi saat mengaur keuangan bisnis sampingan. Jangan sampai kamu melakukan hal yang serupa ya agar bisnis kamu dapat terus berjalan dengan mulus. Semoga sukses!