3 Cara Siasati Si “Ganjen” Di Jalanan!

 In Produktivitas

Sonners,

Sudah pada tau belum 1 Agustus lalu peraturan Ganjil-Genap mulai diberlakukan di beberapa ruas jalan di Jakarta? Aturan ini berlaku untuk kendaraan pribadi beroda empat atau lebih. Jadi kalau kendaraan tidak mematuhi aturan akan dikenakan sanksi dikeluarkan dari jalurnya.

 

Rute Si ‘GanjEn’

Karena hal tersebut, pengendara beroda empat atau lebih tentunya jadi harus mikir tiap hari, ‘hari ini Ganjil atau Genap, ya?’. Apalagi aturannya full sampai Sabtu-Minggu.

Nah, jangan khawatir kalau soal itu Sonners karena kita mau bagiin cara menyiasati Si ‘GanjEn’ (baca: kependekan dari Ganjil-Genap) di jalanan biar gak bete pas berangkat-pulang kerja atau mau hangout sama teman pas weekend 😉

1. Pasang Aplikasi Waze dan Google Maps

Sudah punya aplikasi waze di HP-mu? Kalau kamu pakai android pasti udah punya Google Maps. Nah, lewat kedua aplikasi ini kamu bisa mencari rute alternatif dan menghindari si ‘Ganjen’. Caranya?

  • Waze

Buka menu ‘Setting’ > pilih ‘Navigasi’ > lanjutkan ke menu ‘ license plate restriction‘ atau ‘pembatasan pelat nomor’ yang berada di paling bawah.

  • Google Maps

Memasukkan dulu lokasi tujuan. Lalu pilih menu ‘setting‘ dan pilih ‘route options‘. Setelah muncul rute yang harus dilalui, klik tulisan ‘Menghindari jalan khusus pelat nomor ganjil/genap’. Maka akan muncul pop-up berisi opsi, apakah pelat nomor kendaraan anda Ganjil atau Genap. Kemudian akan terlihat deh rute mana yang sebaiknya kamu gunakan.

 

2. Pakai Transportasi Umum

Kamu bisa mulai menggunakan transportasi umum seperti bus Transjakarta agar lolos dari ganjil dan genap. Sebab, angkutan umum atau yang berplat kuning bebas dari si ‘Ganjen’ ini.

3. Dianterin Gojek

Ada lagi nih yang gak bikin pusing, tinggal buka HP-mu untuk pesan dan langsung berangkat! Kehadiran aplikasi Gojek saat ini banyak membantu dalam kegiatan sehari-hari. Nah, kalau Gopay-mu habis pas mau pesan Gojek, ingat pakai Kioson bisa isi Gopay loh! apalagi dengan mengisi Gopay di Kioson kamu tidak perlu terkena biaya admin yang begitu mahal cukup 250 rupiah aja. Asyik, kan? Yuk langsung pakai Kioson!

Selamat beraktifitas!

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search